Manajemen file sangat penting untuk mencegah hilang /
rusaknya data-data penting baik diakibatkan oleh virus ataupun kerusakan
hardware yang memaksa kita untuk reparasi windows.
1.
Pengertian Manejemen File
File/dokumen
merupakan informasi seperti tulisan, gambar ataupun suara yang dibuat
sendiri,sedangkan file program adalah file yang berisi program.
Manejemen file
adalah metode dan struktur data yang digunakan system operasi untuk mengatur
dan mengorganisir file pada disk atau partisi.
2.
Mengenal Perintah dalam Manejemen File
a.
Menu
Menu merupakan kumpulan perintah yang sudah dikelompokan berdasarkan
fungsinya masing-masing.jenis perintah menu ada tiga macam yaitu sebagai
berikut
1) Menu pull
down, merupakan menu yang muncul ke atas atau bawah pada saat mouse
diklik pada bagian tersebut.
2) Menu cascading,
merupakan menu sekunder yang muncul pada saat memilih bagian menu utama.
3) Menu pop up, merupakan menu yang muncul
ketika menekan klik kanan 1 kali pada mouse.
b.
Ikon
Ikon merupakan perintah berbentuk gambar yg dijalankan / diakifkan dengan
cara klik 2 kali menggunakan mouse. Ikon-ikon yg mempunyai fungsi berkaitan
diletakkan dalam satu kelompok dinamakan dengan tab menu. Untuk memunculkan tab
menu pada program aplikasi Ms.Word dapat dilakukan dengan cara klik Office Button → Word Options → klik Customize.
c.
Shortcut
Shortcut merupakan perintah yg dilakukan
dengan menggunakan kombinasi tombol-tombol pada keyboard. Kombinasi tombol
tersebut adalah tombol Ctrl, Alt, Shift, dll.
Shortcut
|
Fungsi
|
Ctrl + A
|
Untuk melakukan
blok semua tulisan dan gambar yg terdapat pada dokumen.
|
Ctrl + B
|
Untuk membuat
huruf tebal.
|
Ctrl + E
|
Untuk membuat
paragraf rata tengah.
|
Ctrl + J
|
Untuk membuat
paragraf rata kanan dan kiri.
|
Ctrl + L
|
Untuk membuat
paragraf rata kiri.
|
Ctrl + R
|
Untuk membuat
paragraf rata kanan.
|
Ctrl + Esc
|
Untuk
memunculkan tombol Start (pojok kiri bawah layar).
|
Ctrl + Space
bar
|
Untuk menghapus
format huruf.
|
Ctrl + K
|
Untuk
menyisipkan hubungan dengan file lain.
|
Ctrl + N
|
Untuk membuat
dokumen baru.
|
Ctrl + O
|
Untuk membuka
file yg sudah pernah disimpan sebelumnya.
|
Ctrl + S
|
Untuk menyimpan
file dokumen yg sudah dibuat.
|
Ctrl + P
|
Untuk mencetak
dokumen.
|
Ctrl + U
|
Untuk membuat
huruf diberi garis bawah.
|
Ctrl + V
|
Untuk
memunculkan hasil Copy dan Cut.
|
Ctrl + W
|
Untuk menutup
program Microsoft Word.
|
Ctrl + X
|
Untuk memotong
kata / kalimat.
|
Ctrl + Y
|
Untuk
membatalkan perintah Undo
|
Ctrl + Z
|
Untuk
membatalkan perintah terakhir yg dimasukkan.
|
Alt + F4
|
Untuk keluar
dari program aplikasi Microsoft Word.
|
F1
|
Untuk membuka
file bantuan penggunaan program Microsoft Word.
|
F7
|
Untuk mengecek
ejaan bahasa Inggris.
|
Delete
|
Untuk menghapus
satu huruf di kanan.
|
Ctrl +
Delete
|
Untuk menghapus
satu kata di kanan.
|
Backspace
|
Untuk menghapus
satu huruf di kiri.
|
Ctrl +
Backspace
|
Untuk menghapus
satu kata di kiri.
|
Shift + F3
|
Untuk mengubah
huruf besar, kecil, dll
|
Alt + Ctrl +
S
|
Untuk memecah
jendela dokumen.
|
Alt + Ctrl +
P
|
Untuk mengubah
tampilan ke Print Layout View.
|
Alt + Ctrl +
O
|
Untuk mengubah
tampilan ke Outline View.
|
Alt + Ctrl +
N
|
Untuk mengubah
tampilan normal.
|
Alt + Shift
+ C
|
Untuk
mengembalikan dokumen setelah dipecah.
|
Alt + Shift
+ A
|
Untuk memformat
huruf menjadi besar semua (capital).
|
Alt + Shift
+ W
|
Untuk
menggarisbawahi kata tanpa spasi.
|
Alt + Shift
+ D
|
Untuk member
garis bawah ganda pada teks.
|
Alt + Shift
+ K
|
Untuk memformat
huruf menjadi huruf besar tetapi berukuran kecil.
|
d.
Perintah
Penggunaan Mouse
Ada 4 macam perintah penggunaan mouse antara lain:
1)
Drag and drop
Perintah menggunakan mouse dengan cara menekan tombol kiri mouse tanpa
dilepas, untuk kemudian mouse digerakkan ke posisi tertentu dan lepaskan klik
mouse tersebut.
Berikut adalah beberapa kegunaan dari perintah drag and drop:
a) Memindahkan
file yg disimpan melalui Windows Explorer.
b) Memperbesar
/ memperkecil objek/ gambar dalam program grafis.
c) Memunculkan
ikon yg terdapat pada toolbar.
d) Menggunakan
scroll bar pada program aplikasi.
e) Memindahkan
ikon yg terdapat pada desktop, dll
2)
Click (klik)
Perintah dengan cara menekan tombol kiri mouse 1 kali secara cepat. Perintah
klik berfungsi untuk memilih program, memilih ikon, memunculkan menu,
menempatkan pointer pada lembar kerja, dll.
3)
Double click
Perintah dengan cara menekan tombol kiri mouse 2 kali secara cepat tanpa
menggeser / menggerakan mouse.
Perintah double clik berfungsi untuk membuka program
aplikasi pada desktop, membuka file melalui Windows Explorer, dll.
4)
Right click
Perintah dengan cara menekan tombol kanan 1 kali secara cepat yg
fungsinya untuk memunculkan menu perintah.
3.
Mengaktifkan Windows Explorer
Langkah-langkah yg dilakukan untuk
mengaktifkan / menjalankan Windows Explorer adalah sebagai berikut:
a.
Cara
Pertama
1) Klik
tombol Start pada baris taskbar.
2) Arahkan
pada pilihan All Program → pilih Accessories → kemudian klik pilihan Windows Explorer. Jendela tampilan Windows
Explorer akan terlihat.
b.
Cara
Kedua
Untuk mengaktifkan jendela Windows
Explorer dengan klik pada tombol Start, kemudian pada bagian Search Program and File ketikkan Windows Explorer → lalu tekan tombol Enter pada keyboard. Jendela Windows Explorer akan ditampilkan.
c.
Cara
Ketiga
Anda juga dapat menggunakan cara dengan menempatkan petunjuk mouse pada
tombol Start, kemudian klik tombol
mouse sebelah kanan, sehingga terlihat menu shortcut.
Klik pilihan Open Windows Explorer.
d.
Cara
Keempat
Tampilan jendela Windows Explorer dapat dibuka melalui ikon
computer yg terdapat pada layar desktop / dapat juga dengan mengeklik ikon Windows Explorer yg terdapat pada taskbar.
4.
Mengelola Folder/File
a.
Mengenal
Tipe File
Berikut adalah beberapa contoh tipe file dari program aplikasi:
1) Microsoft
Word, mempunyai tipe file .doc
2) Microsoft
Excel, mempunyai tipe file .xls
3) Microsoft
Power Point, mempunyai tipe file .ppt
4) Adobe
Photoshop, mempunyai tipe file .psd
5) CorelDRAW,
mempunyai tipe file .cdr
6) Executable
File, mempunyai tipe file .exe
7) System
File, mempunyai tipe file .sys
8) Adobe
Acrobat Reader, mempunyai tipe file .pdf
b.
Membuat
Folder Baru
Langkah-langkah yg digunakan untuk membuat folder baru adalah sebagai
berikut:
1) Klik
menu New Folder
2) Ganti
nama folder New Folder yg dibuat secara otomatis dengan nama folder yg sesuai
dengan keinginan.
3) Untuk
mengubah nama folder New Folder tersebut dengan cara ketik menu Organize pilih Rename, kemudian ketikkan nama folder sesuai dengan keinginan.
c.
Menghapus
folder
Langkah-langkah ygdigunakan untuk menghapus folder yg tidak lagi
dibutuhkan adalah sebagai berikut
1) Klik
folder yg akan dihapus.
2) Tekan
tombol Delete pada keyboard / klik
menu Organize → pilih Delete.
3) Pada
jendela Delete Folder pilih perintah Yes
untuk menghapus folder. Folder yg dihapus dengan perintah tersebut akan
ditempatkan / dipindahkan ke Recycle
Bin. Tetapi jika kita ingin folder
dihapus secara permanen dapat menggunakan tombol Shift dan tombol Delete
pada keyboard ditekan secara bersamaan.
d.
Memanggil,
Mengedit, dan Menyimpan File/Folder
1) Memanggil File/Folder
File/folder yg sudah dibuat dan disimpan di harddisk dapat dipanggil
dengan cara klik kanan Start (pojok
kanan bawah) → pilih Explorer. Cari file yg akan dibuka pada
drive di mana file tersebut disimpan. Setelah file ditemukan, klik 2 kali pada
file tersebut.
2) Mengedit File/Folder
Mengedit adalah mengubah/ membetulkan kesalahan isi file yg pernah
dibuat. Untuk mengedit file dapat dilakukan setelah kita masuk pada program
aplikasi yg digunakan.
3) Menyimpan File/Folder
Cara menyimpan file/folder adalah pilih menu File klik Save, atau
menggunakan kombinasi tombol Ctrl+S
pada keyboard. Tentukan tempat / lokasi penyimpanan kemudian tulis nama file,
setelah selesai klik tombol Save.
e.
Memindah
Folder
→
Langkah-langkah yg digunakan untuk memindahkan folder yg diinginkan
adalah sebagai berikut:
1) Buka
tampilan Windows Explorer
2) Pilih
folder/file yg ingin dipindahkan letaknya.
3) Tekan
kombinasi tombol Ctrl+X pada
keyboard / klik tombol Organize → klik Cut untuk memberikan perintah pemindahan.
4) Tekan
kombinasi tombol Ctrl+V pada
keyboard / klik tombol Organize → klik Paste untuk menampilkan hasil pemindahan.
f.
Mengopi
File/Folder
Mengopi adalah suatu cara untuk menggandakan file/folder yg terpilih.
Langkah-langkah mengopi file/folder adalah:
1) Buka
tampilan Windows Explorer
2) Pilih
file/folder yg ingin dikopi.
3) Tekan
kombinasi tombol Ctrl+C pada
keyboard / pilih Organize → klik Copy untuk memberikan perintah pengopian.
4) Pilih
lokasi drive / folder tujuan
5) Tekan
kombinasi tombol Ctrl+V pada
keyboard / pilih Organize → klik Paste untuk menampilkan hasil pengopian.
g.
Recycle
Bin
Tempat pembuangan sementara file-file yg sudah dihapus.
Jika ingin mengembalikan file tersebut ke tempat penyimpanan semula, maka
gunakan cara sebagai berikut:
1) Buka
tampilan Recycle Bin.
2) Pilih
file/folder yg ingin dikembalikan.
Klik
tombol Restore the selected items, maka file/folder yg terpilih secara otomatis
akan dikembalikan ke tempat asalnya maka pastikan tidak ada file/folder yg
terpilih, lalu klik tombol Restore All
items.klik link ini : https://drive.google.com/file/d/0B9uUh9GfsW1WZ0d0YnE1cGo5Q2s/edit?usp=sharing
0 komentar:
Posting Komentar